Panduan Lengkap Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

Selamat datang, Salam sehat untuk kita semua.

Saya akan memberitahu anda macam-macam bawang dayak dari segi cara konsumsinya sebelum dimulai:

·        Bawang dayak segar/basah/fresh
·        Bawang dayak kering/rajangan
·        Bawang dayak serbuk
·        Kapsul bawang dayak
·        Teh bawang dayak
·        Camilan bawang dayak

Anda mungkin sudah pernah dengar, entah itu dari teman, saudara, tetangga, keluarga, buku, internet atau media sosial tentang khasiat bawang dayak.



Jika anda belum pernah dengar, atau belum yakin tentang manfaat bawang dayak, saya sarankan untuk membaca link artikel di bawah ini terlebih dahulu:


Setelah anda tahu dan sudah yakin, sebelum mengkonsumsinya, saya jelaskan bagaimana cara memilih bawang dayak dengan kualitas yang terbaik

Panduan ini adalah panduan yang tepat buat anda, karena kalau cuma sekedar menjelaskan cara konsumsinya, saya rasa ada yang lebih penting daripada itu.

Apa itu ?...

Begini…

Saya akan menjelaskan yang lebih penting lagi bukan hanya sekedar cara konsumsi, pemberian dosis yang tepat dan cara mengolahnya,

Melainkan lebih dari itu yakni bagaimana agar anda paham untuk membedakan mana bawang dayak yang kualitasnya baik dan layak dikonsumsi serta mana bawang dayak yang kualitas buruk dan tidak layak dikonsumsi.

Saya juga akan menjelaskan secara detail tentang ramuan-ramuan obat dari herbal bawang dayak .

Jika anda sepakat dengan saya, silahkan lanjutkan anda membaca,

Jika tidak, silahkan bisa close dan pindah ke refrensi yang lain.

1. Cara memilih bawang dayak

Memilih bawang dayak dengan kualitas yang layak di konsumsi tentu bukan hal mudah, apalagi jika anda baru mengenalnya.

Memang serasa hampir mirip antara bawang dayak dengan bawang merah. Namun jika anda perhatikan secara detail terdapat banyak perbedaan, salah satunya yaitu:

Bawang dayak berbentuk kerucut memanjang, berwarna merah merah menyala agak kehitaman, dengan permukaan yang sangat licin dan rasanya agak sedikit pahit dan pedas.

Biar lebih paham, saya berikan contoh gambarnya.


#Gambar perbedaan bawang dayak dengan bawang merah

Selanjutnya bagaimana ciri-ciri bawang dayak yang layak untuk di konsumsi:

Pertama, jika itu bawang dayak segar, maka bawang terlihat bersih, ukuran besar sudah tua (kualitas super),  fresh, bentuk umbinya masih licin dan tidak keriput.

Kedua, bawang dayak kering atau rajangan terlihat bersih dari kotoran, kering, warnanya merah menyala, benar-benar kering, tidak jamuran dan aroma segar agak pedas.

Ketiga, serbuk bawang dayak  terlihat kering, tidak lembab, tidak menggumpal, tidak jamuran, aroma pedas, dan berwarna merah

Keempat, Kapsul bawang dayak, jika salah satu isi kapsulnya berbentuk serbuk sudah tidak menggumpal, di tambah masih jauh dari masa kadaluarsa.

Kelima, teh bawang dayak terlihat bersih dari kotoran, benar-benar kering, warnanya merah menyala, tidak jamuran dan aroma segar agak pedas.

2. Cara Konsumsi Bawang Dayak

Baik, setelah anda benar-benar sudah mendapatkan bawang dayak dengan kualitas baik, selanjutnya bawang siap untuk di olah dan dikonsumsi. Namun jika anda belum mendapatkannya, silahkan bisa langsung klik link bawah ini.


Cara mengkonsumsi bawang dayak berbeda-beda sesuai dengan jenis bawang dayak yang anda pilih. Jika anda memilih bawang dayak segar, tentu berbeda cara konsumsinya dengan bawang dayak kering. Kurang lebihnya seperti itu.

Dosis takarannya pun tiap orang berbeda-beda, alasannya karena melihat dari jenis penyakit masing masing, kondisi tubuh dan tingkat penyakit.

Namun meskipun begitu, untuk awal saya sarankan agar sedikit terlebih dahulu, agar terjadi proses adaptasi antara tubuh dengan zat yang ada didalam bawang dayak.

Langsung saja.

#Bawang dayak Segar

Caranya, Ambil 3-4 buah umbi bawang dayak atau setara berat 30 gram, (karena tiap bawang dayak ukuran dan berat berbeda-beda)

cuci bersih lalu di iris tipis, setelah itu anda dapat merebus atau menyeduh hasil irisan tersebut.

Jika di seduh, caranya masukan hasil irisan bawang dayak tadi kedalam 1 gelas ukuran 200 ml, lalu tuangkan  air panas 200cc, kemudian tutup gelasnya, biarkan hingga hangat, lalu aduk-aduk.

Setelah diaduk, dan air sudah terasa hangat, bawang dayak siap untuk di minum. Minum selagi hangat 2 kali sehari. Ingat 1 gelas tersebut hanya untuk sekali minum.

Jika di rebus, caranya: rebus air 1 gelas ukuran 200 ml kedalam kuali (panci dari tanah liat)  dengan api kecil, lalu segera masukan irisan bawang dayak. Sebelum mendidih saring hasil rebusan tadi kedalam gelas dan bawang siap untuk di minum.  

Ingat merebusnya tidak boleh sampai mendidih. Soalnya, berbagai senyawa aktif akan rusak jika dipanaskan hingga mendidih. Minum selagi hangat 2 kali sehari. 1 kali rebus untuk sekali minum.

#Bawang Dayak Kering

Caranya: ambil 2 sendok makan bawang dayak kering. Cuci dengan air bersih. Seduh dengan 200 mililiter air panas.Tunggu beberapa saat sampai air berwarna kemerahan. Saatnya siap dikonsumsi.

Anda juga dapat melakukannya dengan cara merebusnya.

Caranya: sama seperti cara merebus bawang dayak segar, bedanya pada jenis bawang dayak nya. Untuk takarannya 2 sendok makan di rebus dengan 200 mililiter air, memakai panci kuali. Di rebus dengan api kecil.

Sebelum mendidih saring hasil rebusan tadi kedalam gelas dan bawang siap untuk di minum. 

Untuk aturan minum (dosis) konsumsi bawang dayak kering 2x1 sehari. 1 kali rebus untuk sekali minum.

#Bawang Dayak Serbuk
   
Caranya: Ambil 1 sendok serbuk bawang dayak. Lalu seduh dengan air hangat dalam gelas sebanyak 200 mililiter dengan tingkat kepanasan air 200cc.

Aduk sampai rata dan siap konsumsi. Jika tidak suka dengan ampasnya, dapat disaring dengan kain. Kalau terlalu pahit, bisa ditambah madu murni.

Untuk aturan minum (dosis) konsumsi serbuk bawang dayak 2x1 sehari. 1 kali buat untuk sekali minum.

#Kapsul Bawang Dayak

Cara ke 1 : Sekali minum 1 kapsul, dilakukan 2 kali sehari, manfaatnya untuk menjaga stamina

Cara ke 2: Sekali minum 1 kapsul, dilakukan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam), manfaatnya untuk mencecah gejala ringan seperti diabetes, hipertensi, stroke, migrain, amandel, asam urat, dan kolesterol.

Cara ke 3: Sekali minum 2 kapsul. Dilakukan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam), manfaatnya untuk pengobatan penyakit kronis seperti kanker, tumor, kista, sirosis hepatic, dan TBC.

#Teh Bawang Dayak

Caranya: Ambil 1 buah teh bawang dayak. Seduh dengan 200 mililiter air panas, lalu aduk sampai merata.

Tunggu sebentar sampai air berwarna kemerahan. Boleh tambahkan sedikit madu atau gula. Teh bawang dayak siap untuk di minum.

Untuk aturan minum (dosis) konsumsi teh bawang dayak kering yaitu 2 kali sehari (pagi dan malam).

# Manisan Bawang Dayak

Caranya: Ambil 2 kg bawang dayak segar, cuci hingga bersih. Kemudian iris tipis ketebalan sekitar 1-2 mm.

Larutkan 1 kg gula pasir dengan 1 liter air. Kukus selama 5 menit, kemudian masukkan larutan gula tadi pada bawang dayak yang telah diris dan aduk sebentar hingga merata.

Selanjutnya masak hingga kental dan kering, hingga membentuk kristal gula. Akhirnya manisan bawang dayak sudah siap untuk dikonsumsi.

Penting di baca:
·  Selama mengonsumsi bawang dayak, hindarilah makanan dan minuman yang mengandung: alkohol, karbonasi, lemak, penyedap rasadan jenis makanan yang mengandung fermentasi semacam tempe, tape dan lainnya agar hasil, khasiat dan manfaat bawang dayak lebih maksimal.

·   Mengkonsumsi bawang dayak segar tanpa di olah atau tanpa di seduh maupun di rebus lebih bagus karena nutrisinya masih utuh dan belum berkurang.

·    Bawang dayak segar yang baik di konsumsi yaitu 6 bulan setelah panen, dengan catatan disimpan di tempat yang benar-benar kering (tidak lembab) dan bersih.

·  Serbuk bawang dayak dapat bertahan sampai satu tahun asal disimpan di botol kaca dan tidak terkena air.

· Kapsul bawang dayak dapat bertahan sesuai dengan tanggal kadaluarsa pada kemasan dan harus disimpan ditempat yang kering.

·  1 Kg bawang dayak segar rata-rata dapat dikonsumsi selama 3 minggu, dengan catatan rutin dan minimal 2 kali sehari.

·    Bagi penderita mag, saya sarankan untuk mengkonsumsi bawang dayak setelah makan, namun bagi yang tidak memiliki masalah dengan mag, saya sarankan dikonsumsi sebelum makan.

3. Ramuan Bawang Dayak

Bawang dayak selain dapat dikonsumsi  berupa teh, kapsul, camilan, segar, kering dan serbuk. Dapat juga dikonsumsi dengan mengkombinasikannya dengan herba lain.

Berikut saya jelaskan beberapa ramuannya.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Kista

Bahan:
·        3 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        1 ruas kunir putih
·        10 daun dewa segar
·        10 gram rumput mutiara
·        5 genggam teh daun benalu
·        15 lembar daun sambiloto
·        2 gram buah mahkota dewa kering
·        200 ml air (1 gelas)

Cara Membuat:

Rebus air dan semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum sehari tiga kali, masing-masing sebanyak setengah gelas.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Kanker

Bahan:

·        3 siung umbi bawang dayak
·        3 ruas jari temu putih
·        ½ gram benalu
·        ¼ gram cakar ayam
·        ½ gram keladi tikus
·        ¼ gram sambung nyawa
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Cuci semua bahan dengan air mengalir hingga bersih. Iris umbi bawang dayak setebal 1-2 mm. Rebus air dan semua bahan hingga tersari satu gelas. Minum sehari tiga kali, masing-masing sebanyak satu gelas.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Peningkat Gairah Seksual

Bahan:

·        3 siung bawang dayak, potong kecil-kecil
·        ½ ruas jari jahe merah
·        ½ kencur
·        3 lembar purwaceng
·        ¼ gram pasak bumi
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga menjadi setengah gelas, saring. Minum ramuan tersebut 15 menit sebelum melakukan hubungan intim.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Diabetes Melitus

Bahan:

·        2 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        8 lembar kumis kucing
·        1 buah pare
·        8 lembar sambiloto
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga menjadi satu gelas air. Minum air rebusan sebanyak tiga kali sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Hipertensi

Bahan:

·        2 siung bawang dayak, potong-potong
·        ½  gram akar pegagan
·        1 buah mengkudu
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak dua kali sehari, diminum pagi dan sore hari.

Catatan:
Hindari konsumsi garam berlebih, batasi konsumsi daging dan keju, hindari makanan berpengawet (kalengan), dan mengurangi makanan ber MSG.

Konsumsi buah dan sayuran seperti semangka, alpukat, melon, pare, labu siam, beligo, labu parang, labu, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang merah, dan bawang putih.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Penyakit Asam Urat

Bahan:

·        4 siung umbi bawang dayak
·        2 lembar daun sidaguri
·        2 ruas jari kencur
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Cuci semua bahan dengan air mengalir hingga bersih. Iris umbi bawang dayak setebal 1-2 mm.

Rebus air dan semua bahan hingga tersaring setengah gelas. Minum ramuan sehari dua kali, masing-masing sebanyak setengah pada waktu pagi dan sore hari.

Catatan:  

Penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan yang mengandung purin tinggi (tiram, kepiting, kerang), berbagai jenis makanan kaleng (sarden, kornet sapi), berbagai jeroan (hati, ginjal, jantung, otak, paru-paru, limpa, dan usus) serta buah-buahan tertentu (durian, alpukat, dan es kelapa).

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Batu Ginjal (Nefrolithiasis)

Bahan:

·        2 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        1 ruas jari lempuyang wangi
·        5 lembar daun tempuyung
·        ½ gram alang-alang
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersari menjadi satu gelas, saring. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih minimal dua liter sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Rematik

Bahan:

·        8 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        20 gram daun kumis kucing
·        10 gram meniran
·        1 ruas jahe
·        1 biji pala
·        1 batang serai
·        200 ml air (1 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Gondok

Bahan:

·        4 siung bawang dayak
·        1 sendok makan cuka
·        4 buah belimbing wuluh

Cara Membuat:

Haluskan semua simplisia. Tempelkan ramuan di bagian yang meradang sehari dua kali.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Ambeien (Berak Berdarah)

Bahan:

·        2 siung bawang dayak, potong tipis-tipis
·        2 lembar daun bidara upas
·        2 biji umbi daun dewa kering
·        10 gram daun sambung nyawa
·        12 gram daun patikan
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi satu gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Pereda Nyeri Haid (Menstruasi)

Bahan:

·        6 siung bawang dayak, iris halus
·        1 ruas jari temulawak
·        ½ ruas jari jahe
·        ½ biji asam jawa
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Infeksi Saluran Kemih

Bahan:

·        3 siung bawang dayak
·        2 buah delima
·        ½ buah labu air
·        20 gram lobak
·        15 gram tapak liman
·        10 gram tempuyung
·        5 gram daun sendok
·        10 gram daun meniran
·        200 ml air (1 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali air putih sehari

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Diet atau Peluruh Lemak

Bahan:

·        4 siung umbi bawang dayak, potong
·        7 lembar daun jati belanda
·        ½ ruas temu giring
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Cuci semua bahan dengan air mengalir hingga bersih. Iris umbi bawang dayak setebal 1-2 mm.

Rebus air dan semua bahan hingga tersaring setengah gelas. Minum ramuan sehari dua kali, masing-masing sebanyak setengah gelas pada pagi dan sore hari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Kesehatan Saluran Pencernaan

Bahan:

·        3 siung umbi bawang dayak
·        2 ruas jari temulawak
·        1 ruas jari kunyit
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Cuci semua bahan dengan air mengalir hingga bersih. Iris umbi bawang dayak setebal 1-2 mm. Rebus air dan semua bahan hingga tersaring setengah gelas. Minum ramuan sehari sekali.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Kewanitaan

Bahan:

·        3 siung bawang dayak
·        3 lembar daun sirih
·        5 buah kayu rapet
·        5 buah rumput Fatimah
·        ¼ gram manjakani, tumbuk dengan lumping
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan satu jam sebelum melakukan hubungan intim.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Bisul

Bahan:

·        2 siung bawang dayak
·        1 potong lidah buaya
·        1 sdm getah Pohon kamboja

Cara Membuat:

Haluskan semua bahan. Tempelkan di bagian kulit yang meradang.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Radang Prostat

Bahan:

·        4 siung bawang dayak, potong tipis-tipis
·        8 lembar daun sirih merah
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring meniadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Jantung Koroner

Bahan:

·        2 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        6 lembar daun belimbing wuluh
·        8 lembar daun asem
·        600 ml air (3 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi 1½ gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari setelah makan.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Hepatitis
(Penyakit Liver atau Penyakit Kuning)

Bahan:

·        4 siung umbi bawang dayak
·        3 lembar daun mimba segar
·        5 lembar daun dandang gendis
·        3 ruas jari temulawak
·        400 ml air (2 gelas)

Cara Membuat:

Cuci semua bahan dengan air mengalir hingga bersih. Iris umbi bawang dayak setebal 1-2 mm. Rebus air dan semua bahan hingga tersaring satu gelas. Minum ramuan sehari dua kali, masing-masing sebanyak satu gelas.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Tuberkulosis

Bahan:

·        2 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        ¼ gram adas
·        5 buah kapulaga
·        5 lembar tapak dara
·        10 buah bunga rosella
·        ¼ gram jintan hitam
·        400 ml (2 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Bronkitis

Bahan:

·        4 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        30 gram akar tanaman Putri malu
·        20 gram Pegagan
·        600 ml air (3 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menladi satu setengah gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Sinusitis

Bahan:

·        1 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        2 ruas kunyit
·        5 lembar daun sirih
·        600 ml air (3 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Obat Radang Rektum

Bahan:

·        5 siung bawang dayak, iris tipis-tipis
·        4 buah belimbing wuluh
·        2 ruas kunyit
·        10 lembar daun sirsak
·        200 ml air (1 gelas)

Cara Membuat:

Rebus semua bahan hingga tersaring menjadi setengah gelas. Minum ramuan sebanyak tiga kali sehari.

#Ramuan Bawang Dayak Untuk Kesehatan Kulit
(Bedak Dingin)

Bahan:

·        3 siung umbi bawang dayak
·        1 ruas jari temu giring
·        8 lembar Pulasari
·        3 lembar daun cocor bebek
·        ½ gelas pati beras
·        Aroma bunga tanjung

Cara Membuat:

Campur semua bahan. Haluskan, lalu tambahkan aroma bunga tanjung. Bedak dingin siap dicampur dengan air dan digunakan sebagai obat luar.

Catatan:

Penggunaan bedak dingin di Kalimantan masih menjadi tradisi dan budaya yang tidak ditinggalkan. Sebelum dunia kecantikan modern masuk ke Kalimantan, gadis asli Kalimantan menggunakan bedak dingin untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit wajah.

Secara tradisional, bedak dingin ini dibuat dari bahan-bahan segar. Caranya dengan menggiling bahan menggunakan alat pipisan. Daun, biji, bunga, atau rimpang herba yang akan dibuat bedak dingin dapat dihaluskan dengan bantuan sedikit air matang.

Bahan dasar bedak dingin adalah tepung beras (Amylum orizae) yang dicampur dengan rempah-rempah. Kandungan amilosa, amilopektin, hydralized amylum atau dekstrin, dan asam kojik dalam tepung beras dapat memutihkan kulit. Hal ini dihasilkan dari fermentasi amylum selama proses perendaman. Tepung beras yang diproses dengan cara ini akan memberikan sensasi “dingin” jika digunakan.

Terakhir, kalau ada yang ingin ditanyakan seputar panduan lengkap cara mengkonsumsi bawang dayak ini, silahkan bisa kontak Ke WA: 085727812151. Kita diskusikan bersama.